Top Module Empty

Menu

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini51
mod_vvisit_counterKemarin88
mod_vvisit_counterMinggu ini561
mod_vvisit_counterBulan ini2002
mod_vvisit_counterTotal641353

Home arrow Berita arrow SIPENMARU Poltekkes 2011/2012
SIPENMARU Poltekkes 2011/2012 E-mail
Thursday, 30 June 2011

Sipensimaru Poltekkes Diikuti 4.911 Peserta

Ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru (sipensimaru) Jaluar Umum (Uji Tulis) Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes digelar serentak Rabu (22/6/11) di seluruh Indonesia. Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang mengadakan ujian di lima kota, yaitu di Semarang, Blora, Pekalongan, Magelang, dan Purwokerto. Untuk kota Semarang dipusatkan di GOR Jati diri, mulai pukul 08.00-12.00.

Ujian diikuti 4.911 lulusan SMA semua jurusan dan SMK dengan jurusan tertentu. Bidang yang diujikan meliputi empat mata pelajaran ( IPA terpadu, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris) dengan jumlah soal 100 buah yang semuanya disediakan dari Kemenkes RI. Proses ujian diawali dengan sambutan Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang (Sugiyanto Spd,MApp.Sc) didampingi PD III Bidang Kemahasiswaan Warijan SPd,AKep,MKes dilanjutan dengan penandatangan berita acara pembukaan naskah soal yang disaksikan oleh peserta ujian.

Untuk peserta tes dari Semarang dan sekitarnya, berjumlah 1.911 orang. Mereka mendaftar untuk 14 Program Studi dari tujuh Jurusan (D3), yaitu Keperawatan, Kebidanan, Radiologi, Kesehatan Lingkungan, Analis Kesehatan, Kesehatan Gigi, dan Gizi. Sebelum mengikuti tes tertulis, peserta terlebih dahulu mendaftar secara onl-ine. Mereka pun harus dinyatakan lolos verifikasi dan memenuhi persyaratan tidak buta warna serta tinggi badan minimal 150 untuk putri dan 155 untuk putra.

 Tes Kesehatan

Dalam sambutannya, Direktur Poltekkes mengatakan pendaftar Poltekkes Kemenkes Semarang dari tahun ke tahun terus meningkat. Untuk tahun ini saja, jumlah peserta naik 801 dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 4.110 orang. ” Dari jalur Sipensimaru ini kami kami akan menerima 600 mahasiswa baru.”

Hasil tes tahap pertama akan diumumkan pada 28 Juni dan bagi yang lolos diharuskan mengikuti tes kesehatan, psikotes, dan Bahasa Inggris pada 4-7 Juli.”untuk tahun ini semua diwajibkan menyertakan foto thorax dan tes darah HBS Ag atau bebas hepatitis C,” jelas Sugiyanto.

Hasil akhir akan diumumkan pada 11 Juli mendatang dikampus masing-masing. Poltekkes juga masih membuka kesempatan kepada calon mahasiswa baru untuk mengikuti Ujian Mandiri (UM) pada 26 Juli.” Khusus untuk UM ini kami hanya menyediakan 30% dari jumlah daya tampung, yakni 300 mahasiswa baru. Sebelumnya 10% dari penelusuran Minat dan prestasi (PMDP) dan sisanya 60% dari tes Sipensimaru ini,”paparnya.

Terakhir diperbaharui ( Tuesday, 14 February 2012 )
 
_ITEM_PREVIOUS   _ITEM_NEXT
© 2018 www2.poltekkes-smg.ac.id
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.